Kedubes AS Naikkan Status Kantor di Medan menjadi Konsulat Penuh

0
212

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake, Jr, menyatakan, kantor kedutaan mereka di Medan telah dinaikkan statusnya menjadi konsulat penuh. Meskipun ia tak merinci secara spesifik peningkatan pelayanan apa yang akan bertambah menyusul kenaikan status ini, namun ia mengatakan bahwa staf Kantor Konsulat AS di Medan akan ditambah jumlahnya secara signifikan untuk memenuhi apa yang mereka sebut dengan pembangunan kemitraan yang komprehensif dengan Indonesia, khususnya Pulau Sumatera.

“Kami melihat adanya potensi-potensi baru dan pertumbuhan yang serius di Sumatera. Dalam bidang bisnis, kami melihat kawasan ini semakin penting dan banyak pengusaha Amerika Serikat yang bisa menjajaki peluang usaha di sini, di samping pasar yang tergolong besar dengan jumlah penduduk Pulau Sumatera yang mencapai 55 juta jiwa,” ungkap Blake dalam konferensi pers, Rabu 3 Juni 2015, di Boston Room, JW Marriott Medan, sesaat sebelum acara peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-239.

Sebaliknya, sambung Blake, minat warga Sumatera dan Indonesia umumnya untuk berkunjung ke AS juga semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan aplikasi visa bisnis yang diterima Kedubes AS di Jakarta, di samping peningkatan jenis-jenis kunjungan lain untuk berbagai tujuan ke kota-kota yang ada di AS.

“Ada beberapa kota yang menjadi tujuan favorit warga Indonesia di AS, masing-masing Los Angeles, Texas, Austin, New Orleans, dan Lousiana. Mereka datang untuk tujuan bisnis, belajar, wisata dan sebagainya. Untuk itu, kami sangat menyambut baik hubungan kedua masyarakat yang makin intens ini. Malam ini, kami sengaja menghadirkan nuansa kota-kota tersebut agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat Sumatera,” kata Blake yang didampingi oleh Konjen AS di Medan, Robert Ewing.

band NavyUntuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan AS tahun ini, Konjen AS di Medan juga menghadirkan grup band yang beranggotakan personel dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS yang berpangkalan di Jepang. Band ini membawakan lagu-lagu pop-rock dengan apik seraya tetap mengenakan seragam US Navy secara lengkap bersama atributnya. Meskipun demikian, mereka bisa tampil selayaknya grup band profesional. Rencananya band ini masih akan manggung di beberapa kota lain di Indonesia.

Menurut Duta Besar, pemerintahnya mengerti akan tantangan infrastruktur di Sumatera seraya menegaskan bahwa ada banyak perusahaan dari Amerika Serikat yang bisa memberikan solusi dengan teknologi kualitas tinggi serta kemampuan efisiensi harga. “Ini penting bagi kami karena saya bisa melihat bahwa akan banyak pebisnis Amerika Serikat yang akan berinvestasi di Sumatera di masa depan. Mereka tidak hanya menyajikan kemampuan teknis yang tinggi dan kaya pengetahuan, tetapi juga menawarkan solusi yang ramah lingkungan. Saya juga mengapresiasi peran Konsulat di Medan yang menghadirkan program terbaru solusi perencanaan kota pintar (smart city) kepada para pejabat di Sumatera bersama perusahaan-perusahaan dari AS,” katanya.

Pada kesempatan itu, Duta Besar yang mulai menjabat di Kedubes Jakarta pada 21 November 2013 ini secara khusus menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Aceh dan Indonesia umumnya dalam upaya penyelamatan manusia perahu dan pengungsi yang terlantar di perairan Asia Tenggara. Ia mengatakan bahwa Pemerintah AS akan meningkatkan perannya di Sumatera di luar sektor investasi dan perdagangan, yaitu mencakup bidang kebudayaan, pendidikan, dan isu-isu global menyangkut penyelamatan lingkungan, deforestasi, dan isu-isu lainnya.

HUTPerayaan HUT Kemerdekaan AS ke-239 di Grand Ballroom JW Marriott Medan berlangsung dengan dihadiri ratusan undangan dari berbagai kalangan dan perwakilan-perwakilan provinsi di Sumatera di bawah pengawasan yang sangat ketat. Para petugas khusus kepolisian dari kesatuan Sabhara menggunakan jasa anjing pelacak bahan peledak. Dari pihak petugas Konsulat AS sendiri diberlakukan prosedur pemeriksaan yang sangat teliti dan hati-hati, dimana para tamu diminta bersabar untuk menyerahkan semua benda bawaan dan peralatan kamera untuk diklarifikasi.

Selain kata sambutan dari Duta Besar Robert Blake dan Konjen AS di Medan Robert Ewing, acara ini juga diisi dengan kata sambutan dari Wakil Gubernur Provinsi Sumut, HT Erry Nuradi. Gubsu Gatot Pujo Nugroho sendiri tidak berkesempatan hadir untuk mengikuti pengibaran dua bendera negara dalam upacara itu.

Penyelenggaraan peringatan HUT Kemerdekaan AS ini memang sengaja dipercepat dari jadwal yang seharusnya, yaitu Deklarasi 4 Juli, karena pada tahun ini tanggal tersebut bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan di Indonesia yang mayoritasnya Muslim, dan mereka mengerjakan ibadah puasa.

LEAVE A REPLY