Menikmati Aneka Lanskap di Taman Simalem Resort

0
255

junctionMengunjungi Taman Simalem Resort di Kecamatan Merek, Tanah Karo, Sumatera Utara, bukan melulu untuk menyaksikan keindahan panorama Danau Toba. Hal pertama yang membuat pengunjung langsung menyukai tempat ini adalah kekayaan lanskapnya yang tematik. Lanskap Taman Simalem Resort terdiri dari perpaduan taman botani, lapangan golf, kebun hortikultura dan hutan tropis. Keseluruhannya ditata menurut kontur lokasi yang bergelombang dan nyaris tanpa dataran yang flat.

Begitu melewati gerbang masuk, pengunjung akan disambut dengan jalur hutan pinus yang sejuk. Di kiri kanan, pepohonan melindungi pengunjung sepanjang perjalanan masuk. Bila mengikuti terus jalan berliku dan menurun ini, sampailah akhirnya ke jembatan yang menghubungkan dua sisi sungai kecil yang menjadi sumber air bersih sekawasan resort.

Sebuah gapura selamat datang menyapa sebelum akhirnya pengunjung dapat menyaksikan lanskap pertama. Kebun biwa di sisi kiri dan kebun jeruk di sisi kanan. Kedua tanaman ini ditanam dengan barisan yang rapi seumpama hamparan permadani hijau. Seluruh tanaman itu dirawat secara organik. Tidak ada input kimia sama sekali di sana.

Dalam perjalanan mendaki ke perbukitan Sikodon-kodon, pengunjung akan melewati titik persimpangan ke berbagai tujuan wisata di Taman Simalem Resort. Junction ini dihiasi dengan air mancur dan boulevard yang penuh tanaman bunga. Berdiri di persimpangan, kita dapat melihat aneka panorama berlapis-lapis, mulai dari kebun, lembah dan hutan tropis yang masih asli.

lanskap terbukaLanskap kebun jeruklanskap pinggir jalan-2Dinding bukit bagian atas dibentuk menjadi lanskap-lanskap yang tematik dan ditanami dengan berbagai bunga sehingga suasana selalu tampak segar. Di bagian puncak, lanskap dibentuk dengan tanaman-tanaman pendek karena sebuah panorama yang menjadi kunci dari pariwisata ini tidak boleh terhalang, yaitu hamparan biru Danau Toba.

Lanskap terbuka di atas perbukitan adalah kawasan publik dimana para tamu resort biasanya paling ramai. Mereka dapat menikmati restoran yang menghadap langsung ke danau atau sekadar berjalan-jalan menikmati panorama sekitar. Umumnya pengunjung memanfaatkan pemandangan dari atas bukit untuk berfoto mengabadikan perjalanannya.

jembatan villatraditional massagelanskap sungaiUntuk lanskap tertutup, pengunjung dapat menikmati kawasan villa di lembah Pangambatan. Jalan masuknya adalah Pangambatan Café & Resto yang berlokasi di pinggir sungai. Selain memiliki taman-taman di pinggiran sungai, lembah Pangambatan juga memiliki air terjun alami berukuran kecil. Jembatan-jembatan yang dibangun untuk menghubungkan antar-lanskap dan fasilitas penginapan turut memperkuat keindahan alam sekitar. Persis di pinggir sungai, tersedia fasilitas spa dan traditional massage yang dibangun dengan gaya perkampungan Karo.

Bila Anda sudah berencana berkunjung ke Taman Simalem Resort, menikmati seluruh aneka lanskap ini perlu menjadi salah satu agenda Anda.

LEAVE A REPLY