Penguatan Kehumasan, USU Adakan Pelatihan Jurnalistik Multimedia

0
19

Kantor Humas USU menyelenggarakan pelatihan kehumasan untuk jajaran pegawai Kesekretariatan Universitas Sumatera Utara (USU) selama tiga hari (12-14) Oktober 2018, di Sinabung Hotel & Resort Berastagi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dari Kantor Biro USU, fakultas, dan sejumlah unit kerja di lingkungan Kampus USU Medan.

Sekretaris USU, Dr dr Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp THT KL (K), mengatakan, pelatihan ini menjadi penting, menimbang persaingan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam skala nasional dan internasional semakin penuh dengan dinamika. “Selain indikator akreditasi, perguruan tinggi juga dituntut mampu menjelaskan dirinya kepada publik secara terperinci dan berkelanjutan secara kreatif dan inovatif. Kehumasan tidak dapat lagi dipandang sebagai tugas suatu badan atau kantor khusus, tapi sudah harus menjadi sifat dan karakter setiap insan universitas, khususnya staf-staf yang berhubungan dengan sivitas akademika maupun stakeholders pada umumnya,” ungkap dr Farhat yang sekaligus membuka secara resmi pelatihan ini.

Kepala Kantar Humas USU, Elvi Sumanti, ST, mengungkapkan, selain memperkuat kehumasan sebagai sumber informasi untuk media luar, perguruan tinggi juga mulai menyelenggarakan kehumasan yang pro aktif, yaitu kegiatan pengelolaan media yang mandiri dengan berbagai platform, mulai dari media cetak, media online, radio, dan akan menyusul televisi.

“Kompleksitas kehumasan semakin membutuhkan kompetensi dan kapasitas yang merata dari setiap fakultas agar masing-masing dapat secara partisipatif menyajikan informasi dalam bentuk jurnalistik kepada masyarakat, alumni dan stakeholders pada umumnya,” papar Elvi.

Kegiatan pelatihan kehumasan USU yang diberi nama Kemah Kerja Jurnalistik

untuk Peningkatan Kapasitas Staf USU ini menghadirkan empat pembicara, masing-masing Emil W. Aulia (praktisi broadcasting dan video kreatif), Nurhalim Tanjung (redaktur pelaksana Harian Medan Bisnis), Dedy Ardiansyah (praktisi pers dan perintis media online pertama di Medan), dan Agus Perdana (Ketua Aliansi Jurnalis Independen Medan).

Keempatnya secara berurutan memaparkan teknik dan prinsip dasar jurnalisme, teknik memilih isu, menggali informasi dan menulis berita, etika jurnalistik, dan menyelenggarakan video jurnalisme dengan platform media sosial.

Kegiatan ini didisain sebagai pelatihan jurnalistik tingkat dasar untuk tujuan meningkatkan kapasitas jurnalisme para staf terkait di lingkungan universitas, agar setiap jurusan maupun fakultas dapat memproduksi karya jurnalistik dan menjelaskan lebih spesifik berbagai dinamika yang berkembang di departemen masing-masing lewat multimedia. Dengan pelatihan ini, maka asupan informasi mengenai USU diharapkan dapat lebih merata dan seimbang pada setiap fakultas maupun unit-unit kegiatan akademik.

SHARE
Previous articleBersyafar ke Negeri as-Salam

LEAVE A REPLY