Ribuan Remaja Medan Tergila-gila di Bunkasai

0
180

Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai) yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari 19 Maret hingga 21 Maret 2015 berhasil menyedot ribuan pengunjung remaja dan membuat mereka berjejalan di halaman depan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara. Festival ini digelar oleh Ikatan Mahasiswa Jurusan Sastra dan Bahasa Jepang bersama Konsulat Jepang di Medan serta didukung oleh berbagai sponsor dari berbagai pihak yang terkait dengan kebudayaan Jepang, baik dari kalangan industri maupun asosiasi.

coverbunkasai-1bunkasai-3Sabtu siang, 21 Maret, hujan yang turun dengan cukup lebat selama satu jam dan menyebabkan kebecekan di lapangan parkir FIB USU tidak menyurutkan animo para remaja yang datang dengan berbagai penampilan. Mereka muncul mulai dari gaya populer remaja Jepang hingga yang tampil dengan cosplay sesuai dengan tokoh anime kesukaan mereka.

Acara tahunan ini sendiri telah bertransformasi dari tahun ke tahun menjadi ajang yang semakin membuka berbagai industry yang terkait dengan kebudayaan Jepang. Pengusaha-pengusaha muda kreatif datang dengan menyediakan aneka kostum dan pengusaha lainnya menyediakan aneka kuliner Jepang. Dan kegiatan yang ditunggu para remaja Jepang ini dengan sendirinya telah menjadi ajang promosi yang bernilai bagi sejumlah pelaku industri yang terkait dengan Jepang.

bunkasai-2Selain menampilkan aneka budaya Jepang, baik yang klasik maupun populer, Bunkasai juga menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba cosplay, lomba manga, fun games, kuis taikai, lomba karaoke, lomba J-style, lomba shodo, lomba fotografi dan sebagainya. Panitia juga menghadirkan seminar, bazaar, workshop origami, pemutaran film Jepang, seminar kejepangan, demo sushi, dan seterusnya.

Para pengunjung dihibur dengan penampilan langsung Hazelnut, DJ Reza Robot, Overlist, Aim The End, The Blunder, MTS dan Nunchaku.

LEAVE A REPLY