Toilet dengan Panorama Tercantik di Dunia

0
445

Bagi sebagian besar orang, syarat toilet adalah harus bersih dan wangi. Kalau mau ditambah, mungkin harus mewah. Kemudian toilet itu diletakkan di bagian belakang rumah atau bagian kurang penting lainnya. Bahkan pergi ke toilet sering diistilahkan dengan “pergi ke belakang”.  Tapi di Taman Simalem Resort, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, ada toilet yang punya kasus lain.

Pergilah ke Kodon-Kodon Café untuk membuktikan keunikan sebuah toilet yang justru dianggap lebih penting dari bangunan-bangunan fungsional lainnya. Toilet kafe ini telah dibangun menghadap panorama paling penting di Taman Simalem Resort, yaitu pemandangan Danau Toba yang terkenal seantero dunia. Siapa saja yang punya kepentingan masuk ke toilet ini, maka mereka akan menyelesaikan urusannya sembari menikmati panorama pegunungan, lembah dan permukaan Danau Toba dengan gradasi yang sangat indah. Tidak begitu mengherankan apabila tamu bisa berlama-lama di sini melebihi waktu yang ia perlukan.

web-toilet1Bukan itu saja, masih ada keunikan lainnya. Bila pada umumnya orang masuk ke dalam toilet untuk membersihkan diri, tapi di sini Anda justru diminta untuk membersihkan diri dahulu, baru masuk toilet. Peringatan itu jelas tertulis di papan informasi di pekarangan kafe. Jadi, ini adalah toilet yang istimewa.

Kodon-Kodon Kafe adalah salah satu fasilitas kuliner di Taman Simalem Resort yang paling dekat dengan perbatasan hutan. Setiap pengunjung yang ingin melakukan trekking menuju hutan dengan tujuan akhir Air Terjun Kembar, maka mereka akan melalui kafe ini. Titik start pendakian dan pos persiapan berdiri persis di samping kafe ketika jalur akan menanjak menuju pintu hutan.

Nah, para pengunjung yang baru pulang dari trekking biasanya akan mencari toilet untuk buang air dan membersihkan diri. Tapi sepatu dan tubuh mereka tentu masih belepotan lumpur atau material hutan lainnya yang lengket di badan. Inilah sebabnya sebelum memasuki toilet yang istimewa itu mereka diminta untuk membersihkan diri dulu di bagian lain. Sebab toilet di Kodon-Kodon Kafe bukan hanya tempat buang air kecil dan membersihkan diri. Toilet ini juga adalah toilet wisata, yaitu salah satu dari atraksi wisata di Taman Simalem Resort.web-plank-peringatan

Dengan posisinya yang strategis, dan fungsinya yang ekstra toilet, maka tidak berlebihan bila dikatakan bahwa toilet ini merupakan salah satu toilet dengan panorama terbaik di dunia. Pengalaman ini hanya bisa Anda rasakan dengan berkunjung dan menikmati Taman Simalem Resort.

Toilet di Kodon-Kodon Café selesai dibangun pada tahun 2008 sebagai bagian dari pembangunan tahap pertama kawasan resort itu. Pada awalnya tempat ini dikhususkan untuk Chinesse food dan Japanese food. Belakangan, spesialisasi itu dilonggarkan menjadi makanan dengan pilihan yang lebih luas. Sejak dibangun, toilet Kodon-Kodon memang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang khas. Bagian dindingnya dibuat dari kaca transparan, menghadap danau. Dari kaca itu, seseorang bisa duduk di toilet sembari memandang danau.

web-kodonTapi belakangan, aktivitas kunjungan di Taman Simalem Resort makin tinggi. Sebagian pengunjung ternyata mulai merasa agak risih dengan dinding transparan itu, kuatir seseorang akan lewat dari pinggiran tebing dan secara tidak sengaja melihat mereka di dalam toilet. Akhirnya manajemen Taman Simalem Resort mau mengalah sedikit dengan memblurkan kaca bagian bawah dinding sampai dirasa cukup untuk melindungi para pemakai toilet dari pandangan orang asing.

Meskipun sudut pandang ke Danau Toba berkurang sedikit karena kebijakan itu, namun panorama danau masih tetap dapat dinikmati para penggguna toilet dengan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Dia tetap layak menyandang predikat toilet dengan panorama tercantik di dunia.

LEAVE A REPLY